Beri Kapolda Sumut Nilai A Plus, HBB Tegak Lurus dengan Jokowi di Pilpres 2024

Ormas HBB (Horas Bangso Batak) menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sumut karena telah merespon sangat baik aksi Aliansi Masyarakat Sumut.

topmetro.news – Ormas HBB (Horas Bangso Batak) menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agung SI Effendi SH SIK MSi karena telah merespon sangat baik aksi Aliansi Masyarakat Sumut.

Di mana pada aksi damai pada tanggal 25 Juli 2023 di Mapolda Sumut itu, aliansi menyatakan dukungan kepada Polda Sumut dan jajaran untuk memberantas geng motor, begal, dan tindak kriminal lainnya.

Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH menyampaikan apresiasi itu saat menyampaikan sambutan dalam rapat evaluasi ormas tersebut. “Mengucapkan terima kasih karena begal sudah jauh berkurang usai unjuk rasa kemarin,” kata Lamsiang, Jumat (25/8/2023), di Kantor DPC HBB Medan Jalan Bajak 2 Medan.
.
Hanya saja, lanjutnya, masih ada yang tidak senang dengan aksi tersebut. “Di tengah banyaknya ucapan syukur dan terima kasih dari masyarakat atas berkurangnya aksi begal, malah ada oknum yang menebar fitnah. Dan sebagai insan taat hukum, maka oknum tadi sudah kita laporkan,” sebut Lamsiang.

Dan kembali HBB mengapresiasi kepolisian khususnya Polrestabes Medan, karena langsung menindaklanjuti laporan tadi. Yakni, dengan memanggil pihak terkait termasuk terlapor BS, untuk keperluan penyelidikan.

“Maka ke depan agar kebersamaan dalam Horas Bangso Batak harus semakin terjaga. Satu kena cubit, maka sama-sama merasakan,” kata Lamsiang.

Senada dengan Lamsiang, Ketua DPD Sumut Tomson M Parapat SH mengajak HBB untuk tetap taat hukum. Termasuk terkait laporan terhadap oknum BS yang menebar fitnah terkait aksi Aliansi Masyarakat Sumut ke Mapolda Sumut.

Hal lain yang jadi perhatian HBB, lanjutnya, adalah terkait persekusi jemaat gereja. Dan bukan hanya jemaat gereja, HBB juga komit memberi perhatian terhadap umat beragama lainnya.

“Vihara pun kalau terganggu, HBB juga akan turun. Artinya HBB tidak hanya untuk kelompok tertentu. Tapi semua suku maupun agama,” tegasnya.

Tegak Lurus Jokowi

Sementara dalam rangka menghadapi Pemilu 2024, HBB juga akan menyatukan gerak dan langkah mendukung kader yang maju dalam Pileg. “Di luar kader, HBB juga akan mendukung siapa pun yang komit dengan kepentingan masyarakat, khususnya Bangso Batak,” kata Lamsiang Sitompul.

Sementara Tomson Parapat menegaskan, apabila memang ada figur yang komit atas kepentingan rakyat, maka HBB akan mendukung.

Dan berdasarkan pengalaman Pemilu lalu, maka ke depan HBB akan semakin selektif untuk memilih figur yang akan mereka dukung untuk Pileg 2024, mulai dari DPRD kabupaten/kota, provinsi, hingga DPR dan DPD RI.

Tomson juga mengajak semua anggota HBB untuk tidak lagi berharap uang dalam Pemilu. Karena kekuatan uang tidak seberapa dibandingkan manfaat lebih besar apabila memilih orang yang tepat.

“Oleh karena itu mari kita pilih figur yang memang kita yakini akan tetap memberi perhatian kepada kita saat duduk di legislatif. Apalagi seperti sekarang ini ada anggota HBB yang ikut, maka tentunya akan semakin punya hubungan emosional yang dekat,’ katanya.

Pada kesempatan itu, diperkenalkan salah seorang pengurus, yaitu Ketua HBB Kota Medan Poltak Tampubolon SH MTh yang akan maju ke Pileg DPRD Sumut.

Mengenai capres untuk Pilpres 2024, Tomson mengatakan bahwa HBB tegak lurus dengan Jokowi. Artinya, ke mana pilihan Jokowi, maka HBB akan ikut. “Kalau Pak Jokowi dukung Ganjar, maka kita akan ikut. Kalau dukung Prabowo, kita juga ikut,” katanya

Pileg DPRD Sumut

Pada kesempatan itu, Ketua HBB Medan Poltak Tampubolon SH MTh menyampaikan niatnya secara terbuka maju ke Pileg 2024 untuk DPRD Sumut melalui PKB. Ia maju lewat Dapil Medan A yang terdiri dari 11 kecamatan.

Dalam sesi interaktif, perwakilan dari Deli Serdang, Jaster Sinurat, mendukung penuh apa yang disampaikan Ketum HBB dan Ketua DPD Sumut. Ia juga berharap, agar HBB tetap satu komando.

Dari DPK Medan Denai, Ketua Ransus Bakaran Batu Edy Simanjuntak menyampaikan rasa syukur karena pasca-aksi di Mapolda Sumut, kejadian begal sangat jauh berkurang. Soal Pileg, lanjutnya, tetap akan ikut seperti apa arahan dari DPP HBB.

Selain itu ada juga Iwan Sipayung (DPK Lubuk Pakam), DP Gultom (Ketua DPK Medan Amplas), Ketua Generasi Muda HBB Hendro Hutahaean ST, dan lainnya. Hadir pula Maniur Sinaga SH MH, yang juga dosen dan pengacara dari Bekasi Jawa Barat.

Kapolda Sumut A Plus

Usai pertemuan, kepada media, Ketum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH mengaku, bahwa pada awalnya ragu dengan keseriusan Kapolda Sumut soal begal.

Bahkan saat pertemuan usai aksi damai Aliansi Masyarakat Sumut pada tanggal 25 Juli 2023 lalu, Kapoldasu dengan jujur mengatakan, tidak ada program khusus.

“Tapi nyatanya begal hilang. Artinya Kapolda Sumut tidak mau hanya bahas prgram, tapi aksi. Jadi kami beri nilai A Plus kepada Kapolda Sumut. Selanjutnya, selain mengapresiasi, kami tetap minta keseriusan Kapolda Sumut seterusnya, untuk tetap komit menjaga keamanan di Sumatera Utara.” tutup Lamsiang.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment